Cara Membedakan Kain Cotton Combed dan Kain Cotton Carded
Cara Membedakan Kain Cotton Combed dan Kain Cotton Carded

Masih ada yang belum tau gimana cara membedakan kain Cotton Combed dan kain Cotton Carded ? nah disini kita dari konveksi Jogja akan memberikan informasi mengenai cara membedakan kain Cotton Combed dan kain Cotton Carded.

Jadi pertama kita mulai dari kain cotton combed, apasih kain Cotton Combed itu ? kain Cotton Combed adalah kain yang terbuat dari benang Combed yang terbuat dari serat kapas yang sudah melalui serangkaian proses tembahan yang lebih panjang saat pembuatan benangnya dibandingkan Carded. Nah proses itu adalah Combing proses, proses Combing adalah proses penyisiran untuk mendapatkan serat kapas berkualitas sebelum dipintal menjadi benang Cotton Combed. Jadi hasil dari Cotton Combed yang halus, lembut, dan lebih kuat.

Selanjutnya kain Cotton Carded, nama Cotton carded sendiri berasal dari nama mesin pembuatannya yaitu mesin Carding. Banyak yang beranggapan bahwa Cotton carded ini belum melewati proses Washing (proses pencucian bahan kimia yang datang dari pencelupan warna) yang dilakukan menggunakan mesin combing.

Jenis bahan kaos ini cenderung agak kasar dan kaku karena kain Cotton carded masih mengandung serat-serat kapas yang pendek. Hal ini membuat bahan kaos Cotton Combed lebih lembut daripada Cotton carded. Bahan kaos Cotton carded seringkali menyusut ketika kita cuci. Bahan kain seperti ini kurang diminati oleh produsen dan konsumen.

Jadi gampang sekali membedakan kain Cotton Combed dan kain Cotton Carded, saat digunakan bahan kaos Cotton Combed memiliki serat dan tekstur yang lebih halus dibandingkan dengan bahan kaos Cotton carded.
Begitulah cara membedakan kain Cotton Combed dan kain Cotton Carded.

Sumber : http://bahankain.com/2013/02/12/perbedaan-cotton-combed-dan-cotton-carded/
 http://www.distrogradeori.com/2015/02/perbedaan-bahan-cotton-carded-dan-combed.html