Cara Setting Design Sablon Dengan Menggunakan CorelDraw

Untuk para pencinta sablon dan ingin belajar cara mendesign sablon, kali ini kami akan mengarahkan anda yang baru akan mencoba atau yang masih pemula dalam dunia design sablon. 
Ada beberapa software yang digunakan untuk mendesign sablon. Namun kali ini kami akan mengajak anda untuk mempelajari bagaimana cara setting design sablon dengan menggunakan coreldraw.

Ada beberapa langkah yang harus anda perhatikan dan lakukan saat anda membuat design sablon dengan menggunakan coreldraw.


1.    Buatlah sketsa design yang akan dijadikan film sablon.

2.    Scan sketsa yang sudah dibuat dengan menggunakan mesin scanner.

3.   Untuk mengatur ketajaman dan kecerahan gambar and bisa menetik tombol ctrl+B. Langkah ini dapat membuat warna menjadi lebih pekat dan akan memudahkan dalam proses Trace Bitmap.

4.    Pada Menu Bar anda dapat memilih Bitmaps --> Outline Trace --> High Quality Image
Setelah proses scan objek bitmap berubah menjadi objek vector dengan warna hitam dan putih, rubah warna putih menjadi warna yang anda inginkan, dengan menggantinya pada Color Palette yang letaknya di baris kanan area kerja CorelDRAW.

5.   Gambar bisa anda Duplicate (Ctrl+D) dan geser ke samping, dan duplicate lagi sampai empat gambar, sesuai dengan banyaknya warna yang akan dipisah

6.    Hapus warna yang tidak diperlukan pada setiap gambar, kemudian ubah semua warna yang sudah dipisah menjadi  warna hitam di Color Palette, sehingga master film sablon akan tampak.

Nah itu sekilas ulasan tentang cara setting design sablon dengan menggunakan corel draw. Semoga setelah membaca artikel ini anda dapat mempraktekannya. Semoga bermanfaat.

Sumber                 : http://www.belajarcoreldraw.co