Arti Saya Indonesia, Saya Pancasila menurut Sablon Jogja ID-
Saya Indonesia, Saya Pancasila
Saya Indonesia, Saya Pancasila
Indonesia adalah negara di asia tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara 2 benua Asia dan Australia serta samudra pasifik dan Samudra HindiaIndonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang menurut wikipedia terdiri dari 13.466 pulau nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusanta.

Populasi lebih dari 263.846.946 juta jiwa pada tahun 2016. Negara Indonesia sendiri terdiri dari berbagai macam suku bangsa, bahasa, agama, dan budaya tetapi di Indonesia ini sangat aman dan damai bahkan masyarakat yang berbeda agama pun bisa hidup rukun berdampingan. Oleh karena itu kita harus bisa menjaga keutuhan bangsa Indonesia supaya bisa menjadi panutan bangsa-bangsa lainnya.

Sedangkan Pancasila sendiri merupakan falsafah bangsa yang harus benar-benar dihayati oleh bangsa Indonesia. Pancasila ini dijadikan sebagai dasar ideologi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

Menurut Wikipedia Ideologi pancasila, Ideologi berasal dari kata “idea” yang berarti cara berpikir dan “logos” yang berarti ilmu. Secara sederhana, ideologi bisa diartikan sebagai cara berpikir yang dijadikan pedoman hidup. Sementara pancasila adalah lima sila yang dijadikan dasar hidup bangsa Indonesia. Lima sila tersebut tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Pancasila itu jiwa dan raga kita ada dialiran darah kita, perekat keutuhan bangsa dan Negara. Sedangkan Indonesia adalah Negara yang plural dan majemuk dimana penduduknya bermacam-macam etnis, suku, agama, dan budaya dan pancasila adalah pemersatu bangsa.
Pancasila adalah dasar yang didalamnya mengandung kekuatan secara nasional dalam mengatasi segala tantangan, hambatan, ancaman yang menimpa bangsa Indonesia. Pancasila sebagai ideologi yang terbuka harus selalu direlevansikan sekaligus diaktualisasikan sehingga dapat membimbing dan juga mengarahkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Selain Pancasila, bangsa Indonesia harus selalu ingat bahwa  kita memiliki semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti bersatu dalam segala keberagaman budaya. Semboyan ini harus terus di jaga di tengah bangsa yang majemuk. Semboyan ini termasuk perwujudan dari Pancasila.
Pancasila itu jiwa dan raga kita ada dialiran darah kita, perekat keutuhan bangsa dan Negara. Sablon Jogja ID kami Pancasila, bagaimana dengan kamu?
Demikian pendapat kami tentang Arti Saya Pancasila Saya Indonesia menurut Sablon Jogja ID semoga teman-teman bangga menjadi bangsa Indonesia.
Oh iya bagi teman-teman yang punya ide kreatif tentang nasionalisme bisa juga di aktualisasikan lewat kaos loh. Kami Sablon Jogja ID akan membantu mewujudkan ide kreatifmu lewat kaos.